Cara Terbaru Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

Cara Terbaru Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar KIP Adalah salah satu program unggulan Presiden Indonesia dimana Program ini merupakan program bantuan untuk siswa miskin (BSM) dengan pemberian dana tunai dari pemerintah. Sasaran kartu ini mulai dari jenjang SD hingga SMA yang keluarganya memiliki baik Kartu Perlindungan Sosial (KPS) ataupun Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar
Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar ini bertahap dalam hal penyaluran kartunya. Jadi tidak seluruhnya yang mendapat KKS akan langsung diberi KIP. Untuk tahap awal, KIP disalurkan bertepatan dengan pemberian KKS bagi 1 juta keluarga di 19 kabupaten/kota.

Baca juga Kumpulan Soal UAS IPA SD/MI kelas 6 

Syarat dan Cara untuk Mendapat Kartu Indonesia Pintar adalah sebagai berikut :

Silahkan anda membawa ke Sekolah anak anda kelengkapan berkas antara lain : KKS dan Kartu Keluarga, jika tidak ada maka dapat membawa Surat Keterangan dari RT/RW/Lurah/Kepala Desa.

Data dari berkas tersebut nantinya akan dicatat dan selanjutnya sekolah/madrasah akan mengirimkan formulir ke Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat untuk diverifikasi.

Baca juga Materi Lengkap Pelatihan K13 Tingkat SD 

Bagi Sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud, maka operator sekolah diwajibkan untuk memasukkan informasi siswa ke dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Setelah Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota menverifikasi data maka selanjutnya Dinas akan mengirimkan rekapitulasi calon penerima KIP ke Kemendikbud/Kemenag.

Baca juga Aplikasi Jadwal Pelajaran Excel Otomatis Terbaru 

Selanjutnya Kemendikbud/Kemenag akan menerima rekapitulasi calon penerima KIP, yang kemudian akan mencetaknya dan mengirimkan KIP tambahan ke alamat sekolah atau langsung ke rumah tangga siswa penerima.

Bagi siswa pemegang KIP bila ingin mencairkan dana tersebut maka dapat melakukan pencairan pada bank atau kantor pos yang sudah ditetapkan. Besarnya Dana penerima KIP untuk jenjang SMA Rp 1 Juta/tahun. Untuk jenjang SMP sebesar Rp 750 ribu/tahun, dan untuk jenjang SD sebesar 450 ribu/tahun.

Bagaimana menurut anda tentang Kartu Sakti Indonesia Pintar ini? apakah dapat mengurangi beban Keluarga miskin?? Berikan tanggapan anda di kolom komentar kami.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.