Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 2 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 3 Semester 1 dan 2
Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2

Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 4 Semester 1 dan 2

Untuk Memperlancar Proses Belajar Mengajar maka guru harus menganalisis tingkat ketercapaian KKM agar terjadi perbaikan dan penyempurnaan, baik itu perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran atau penyempurnaan dalam hal penilaian. Untuk itu Intansi Pendidikan dalam hal ini sekolah dituntut untuk meningkatkan KKM secara berkesinambungan dalam rangka pencapaian kriteria ketuntasan minimal yang ideal. Baca juga Buku Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Terbaru

Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 5 Semester 1 dan 2

Oleh karena itu pengharapan kepada setiap sekolah adalah bahwa sebelum proses awal belajar mengajar terlaksana tenaga pendidik dalam hal ini guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terlebih dahulu. KKM merupakan penjabaran dari kriteria terendah dalam penentuan ketercapaian ketuntasan peserta didik dalam hal ini siswa. Baca juga Kisi-Kisi Soal Latihan UKG Tahun 2015

Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 6 Semester 1 dan 2

KKM berbeda untuk tiap mata pelajaran dan juga berbeda pada setiap aspeknya sehingga hal ini menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi yang kemudian dijabarkan dengan angka maksimal 100. Adapun target ketuntasan yang diharapkan secara nasional adalah mampu mencapai minimal 75.

Untuk itu perlu dipahami terlebih dahulu hal-hal yang tertuang dalam penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal, antara lain:
1. Kompleksitas
Kompleksitas adalah penjabaran dari tingkat kesulitan materi, baik itu tingkat kesulitan pada indikator, kompetensi dasar maupun standar kompetensi. Jika tingkat kompleksitas semakin tinggi maka skor yang dipakai akan semakin kecil juga. Adapun akumulasi nilai yang dipakai seperti : jika kompleksitas tinggi akumulasi nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan kompleksitas rendah (81-100)

2. Daya Dukung
Daya Dukung adalah penjabaran dari ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh suatu instansi dalam hal ini sekolah untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Jika daya dukung suatu sekolah tinggi maka skor yang digunakan otomatis tinggi. Akumulasi untuk aspek daya dukung disesuaikan (fleksibilitasi) dengan kondisi sekolah. Misalnya: jika daya dukung tinggi maka akumulasi nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang (65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).

3. Intake
Intake adalah penjabaran dari tingkat kemampuan rata-rata peserta didik dalam hal ini siswa. Intake berdasar pada tingkat penyerapan untuk menghasilkan nilai pada siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan estimasi). Misalnya: jika intake siswa tinggi maka akumulasi nilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk intake rendah (50-64).

Setelah Memahami faktor faktor yang ada dalam penentuan kriteria ketuntasan minimal, maka untuk mempermudah pengerjaannya maka silahkan anda download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 dan silahkan anda sesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1 Semester 1 dan 2 

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 2 Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 3 Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 4 Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 5 Semester 1 dan 2 

Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 6 Semester 1 dan 2

Kata Kunci Terkait : Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 1 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 2 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 3 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 4 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 5 Semester 1 dan 2, Download Aplikasi KKM Untuk SD Kelas 6 Semester 1 dan 2.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.