PR Membuat Lebih Paham Atau Menekan Siswa

PR Membuat Lebih Paham Atau Menekan Siswa, Pekerjaan Rumah atau yang disebut PR sebenarnya memiliki tujuan baik, yakni agar siswa semakin paham dan mengerti tentang materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Namun fakta membuktikan kalau tidak sedikit siswa yang merasa stres menghadapi PR yang diberikan gurunya. Sehingga seakan-akan PR membuat siswa menjadi tertekan.
http://udhy-asbudi.blogspot.com/2014/08/pr-membuat-lebih-paham-atau-menekan.html
Saat ini memang banyak guru yang memberikan PR dengan kuantitas yang bisa dibilang berlebihan. Itulah yang kemudian menjadikan PR dianggap beban oleh siswa. Bila standar yang ditetapkan untuk PR adalah 20 soal, tapi justru guru memberikan 50 hingga 100 soal, ini baru namanya membebani siswa.

Kresno Mulyadi, selaku psikiater anak mengemukakan bahwa PR tidak boleh melampaui batas standar kompetensi dari yang telah ditetapkan. PR boleh saja diberikan kepada siswa, asal konstekstual dan masih berada di batas rasional siswa. PR yang diberikan guru sebenarnya baik untuk melatih tanggung jawab siswa. Namun jika melebihi batas juga akan berdampak bagi siswa itu sendiri.

Agar minat siswa dapat meningkat terhadap pelajaran, para siswa baiknya menikmati proses belajar. Jadi, bukan hanya menghafal, tetapi juga memahami pelajaran yang diberikan. Sehingga, siswa tak lagi menganggap belajar sebagai beban.

Baiknya, yang menjadi konsentrasi utama guru dalam mendidik siswa adalah upaya menciptakan motivasi positif pada siswa untuk belajar maksimal selama di sekolah dan tidak menjadikan PR sebagai alasan agar siswa belajar di rumah.

Marilah kita bersama-sama membuat dunia pendidikan kita lebih baik demi masa depan para generasi muda kelak..
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

16 comments

Menurut saya, agar lebih mudah untuk siswa paham gan !
biar mau bljar sndiri

Balas

iya gan, tapi mesti diingat bahwa pemberian PR tidak boleh berlebihan :)

Balas

pernah kadang pr lebih dari 50 soal dan membuat capek

Balas

wiiih banyak juga ya gan, tapi mungkin saja gurunya sudah menyesuaikan dengan kemampuan agan ko' :D

Balas

hahahaha, masa iya mas/mbak ? :D

Balas

Pr memang memancing daya inget siswa ke pelajaran gan..

Balas

setuju ane dengan agan yang satu ini :-d

Balas

Pekerjaan Rumah [PR] yang terlalu banyak akan menekan psikis seseorang. . . karena dia akan berkurang waktu untuk bermain dan bergaul dengan yang lain.. ^_^

Balas

yang penting bisa membagi waktu gan, maka bermain dan bergaul akan bisa diluangkan :-d

Balas

kalo bagi ane yg males ngerjain soal bnyak, pr itu membebani :D

Balas

kalau gitu gak usah sekolah mbak, nikah aja cepat dijamin gak membebani :D

Balas

Sekarang PR bukan dikerjakan malah dikerjakan disekolah disaat jam jam pagi sebelum bel masuk. Dan itu menjadi kebiasaan di kelas saya dan bukan di kelas saya aja kayanya semua kelas seperti itu.
Yang ngerjain PR dirumah paling 1/3 orang terus di contekin sama satu kelas yg belum selesai :D

Balas

itu terjadi karena terkadang peserta didik kurang peduli dengan pelajaran mereka, oleh karena itu sebelum memberikan PR menjadi tugas seorang pendidik untuk merancang suatu pembelajaran yang nantinya akan membuat peserta didik menjadi peduli dengan pelajarannya ;)

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.