Mendikbud Menambah Jam Belajar Siswa di Sekolah

Mendikbud Menambah Jam Belajar Siswa di Sekolah, Penerapan K13 atau yang dikenal Kurikulum 2013 membuat jam belajar siswa di sekolah mengalami peningkatan 4-6 jam pelajaran tiap minggu. Yang sebelumnya siswa menghabiskan waktu selama 26-30 jam pelajaran tiap minggu, dengan diterapkan kurikulum baru ini, maka siswa akan berada di sekolah lebih lama, sekitar 30-36 jam pelajaran.
http://udhy-asbudi.blogspot.com/2014/08/mendikbud-menambah-jam-belajar-siswa-di.html

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dalam hal ini Mohammad Nuh menuturkan bahwa pada jenjang SD penambahan jam pelajaran 35 menit per hari. Tiap satu jam pelajaran telah ditetapkan selama 35 menit bukan 60 menit. Jika siswa masuk sekolah pada pukul 07.00 maka pada pukul 11.00 jam pelajaran sudah berakhir.

"Penambahan jam pelajaran tersebut hanya sekitar 35 menit atau paling lama 45 menit per harinya,” kata Nuh. “Sehingga penambahan jam pembelajaran tidak perlu menjadi hal yang patut dirisaukan oleh para peserta didik,” ungkap Nuh.

Menurut data dari lembaga Internasional OECD, bahwa rata-rata jam belajar siswa di sekolah adalah 6800 jam per tahun. Jika dibandingkan jam belajar anak usia 7–14 tahun di negara-negara OECD, jam belajar siswa di Indonesia tergolong rendah yakni 6000 jam per tahun. Sehigga hal tersebut menjadi pertimbangan penambahan jam belajar peserta didik di sekolah.

Fenomena yang berkembang pada orang tua (ayah dan ibu) yang bekerja di luar rumah sampai sore juga menjadi salah satu alasan penambahan jam belajar tersebut. Selain itu saat ini kondisi lingkungan sosial masyarakat relatif tidak kondusif untuk perkembangan anak  sehingga diharapkan sekolah dapat memberi stimulan positif kepada siswa nantinya.

Semoga bermanfaat..
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

30 comments

Semoga penambahan jam tidak ber-efek buruk terhadap daya tahan tubuh siswa..

Balas

Untung saya ga masuk kurikulum 2013 , jadi jadwal normal

Ditunggun comment baliknya dan follow blog saya guns

Balas

siip gan :D ane udah komen balik ko' :D

Balas

thankyou very much ya gan :)

Balas

Kurang sependapat dengan penambahan jam, akan menambah beban ke siswa. seharusnya sekolah itu tempat yang menyenangkan, menggali potensi anak didik. :)

Balas

iya mas, memang penambahan jam akan menambah beban peserta didik, tapi mengingat program profesionalisme guru belum menyeluruh maka penambahan itu perlu, disamping juga memenuhi aspek pada k13

Balas

saya gak setuju dengan adanya menambah jam belajar... bikin makin males sekolah dan bikin bosen disekolah.. karna saya masih sekolah -_-

Balas

nggak setuju dengan penambahan jam pelajaran...bikin nambah ngantuk

Balas

tidak setuju memang wajar gan, namun penambahan tersebut disesuaikan dengan kurikulum 2013 yg menuntut adanya perubahan karakter pd peserta didik. seperti diketahui sekarang ini banyak peserta didik yg makin tidak berkarakter. Jadi dpt dikatakan penambahan tersebut untuk kebaikan agan sendiri :)

Balas

kalau ngantuk kan bisa cuci muka gan :D , perbaiki niat dulu gan baru berangkat ke sekolah, insyaALLAH gak ngantuk lagi gan :)

Balas

Kalau menurut pendapat saya sih wajar-wajar aja sob. Toh itu kan untuk kebaikan kita juga. Positif thinking aja :)

Balas

bener sekali apa yang anda katakan sob :)

Balas

Yakin Gan, penambahan jam pelajaran di semua jenjang sekolah ini adalah langkah yang positif, tinggal gimana kita nyikapinnya ya? Hehe. Pokoknya kita enak ngejalanin kalau hati kita udah enak nerimanya; enak karena kita yang buat enak, iya kan?
Semoga kurikulum 2013 ini bisa diimplementasikan dengan maksimal, soalnya rancangannya memang sudah bagus, tinggal bagaimana pelaksanaannya di lapangan, apakah guru dan siswa sudah siap atau belum. So, mau ngga mau semua harus siap :D

Keep share, Gan!

Balas

bener gan, rancangan kurikulum 2013 ini adalah dalam rangka mencapai pendidikan karakter bagi peserta didik, garis besarnya adalah penilaian karakter bagi setiap mata pelajaran. semua pihak baik tenaga pendidik maupun peserta didik haruslah siap dengan pengimplementasian kurikulum ini, meskipun kita tahu pengimplementasiaanya baru diusahakan semaksimal mungkin kesemua daerah sampai pelosok, semoga bisa menyeluruh demi kemajuan pendidikan Indonesia :)

Balas

Setuju...dengan menambah jam belajar, maka kegiatan di luar jam sekolah berkurang, yang penting di imbangi dengan dengan kemampuan murid...

Balas

penambahan jam belajar disesuaikan dengan isi dari k13 mas, dan tentu baik buruknya bagi peserta didik sudah diperhitungkan :)

Balas

Bisa tambah stress nih gan anak sekolah,, untung ane masih pake kurikulum lama :D

Balas

gak akan stress gan kalau gurunya mampu menguasai kelas dengan baik :-d

Balas

parah banget mendikbud gan , tapi mau gimana lagi, udh gabisa ngelak

Balas

itu demi kebaikan bersama gan :D

Balas

hihihihi....apapun itu diikutin aja gan...

Balas

diikuti kalau memang bagus untuk kepentingan dunia Pendidikan gan ;)

Balas

kalo saya cek dan jalan jalan ke dunia sekolah luar itu kita kalah dalam jumlah jam belajar lho gan....total sih beda 20an jam seminggunya....

tapi bukan berarti saya pro kurikulum yang berganti ganti ya, toh kurikulum beda beda tiap tahun kita tetep jagoan di dunia internasional gan...

Balas

Pergantian kurikulum memang terkadang menelan pro dan kotra gan. Namun terkadang perlu dipahami bahwa dalam pergantian tersebut ada penambahan maupun perbaikan yang akan membuat pendidikan negara kita lebih baik :-d

Balas

Kalo penambahan jam pelajaran malah membuat siswa jadi ga efektif belajar'a buat apa gan, ade saya ngeluh tiap hari gara" balik jam 4 mulu.

Yang saya dukung dari kurikulum 2013 itu cuma ada pelajaran KWU di peminatan MIIA, jadi siswa akan diajarkan untuk mengenal dunia wirausaha.

Balas

sebenarnya yang membuat k13 tidak efektif dan membuat sebagian peserta didik banyak mengeluh akibat penambahan jam adalah dari segi pendidik dalam penyajian materi. mungkin pendidik bisa memperbaiki cara penyajian materinya supaya peserta didik betah di dalam kelas :D

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.