Sarjana Lulusan FKIP Tidak Otomatis Jadi Guru

http://udhy-asbudi.blogspot.com/2014/07/sarjana-lulusan-fkip-tidak-otomatis.html
Sarjana Lulusan FKIP Tidak Otomatis Jadi Guru - Para sarjana baru lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mulai 2014 tidak bisa lagi secara otomatis menjadi guru sekolah negeri. Ini Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 87 tahun 2013, tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Dalam Permendikbud disebutkan sarjana lulusan FKIP mulai tahun 2014 tidak secara otomatis memperoleh izin untuk mengajar atau akta empat.

Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Harun Joko Prayitno mengatakan berdasarkan ketentuan Permendikbud, penyelenggara Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) tidak boleh mengeluarkan akta empat, sehingga lulusan FKIP yang selama ini dipersiapkan sebagai tenaga pendidik atau guru hanya menyandang gelar sarjana pendidikan.

"Untuk mendapatkan semacam akta empat, para lulusan FKIP harus menempuh PPG. Padahal, instrumen PPG sampai saat ini belum jelas. Termasuk lembaga yang ditunjuk sebagai penyelenggara," kata Harun yang dikuti kutip dari Pikiran Rakyat Online.

Belum adanya kepastian dari pemerintah tentang lembaga penyelenggara PPG membuat para sarjana baru dan para mahasiswa FKIP bingung. Para mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) menolak kebijakan pemerintah pusat yang mewajibkan sarjana baru lulusan FKIP untuk mengikuti PPG.

"Kami menolak aturan itu karena sarjana non-kependidikan juga boleh mengikuti PPG. Hal itu sama dengan cara instan menjadi guru. Padahal, proses menjadi guru harus melalui proses bertahap di FKIP dan harus memiliki jiwa mengajar sejak masuk FKIP. Menjadi guru tidak bisa dengan jalan pintas," kata Presiden BEM FKIP UNS, Eko Pujianto.

Para sarjana baru lulusan FKIP mulai tahun 2014 hanya dapat mengajar sebagai guru di sekolah-sekolah swasta yang tidak terkena peraturan itu. Jika ingin menjadi guru PNS, mereka harus menempuh PPG selama 2,5 tahun terlebih dulu. Sebelumnya untuk melamar CPNS sebagai tenaga pendidik, hanya disyaratkan memiliki akta empat.

source: visit at sekolahdasar.net

semoga bermanfaat
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

12 comments

oh gitu ya gan, btw artikelnya bermanfaat

Balas

tambah pengetahuan saya makasih

Balas

sama2 mas, makasih juga atas kunjungannya :-d

Balas

Betul kutipan jadi guru harus punya jiwa pengajar..berilmu belum tentu bisa menularkan ilmunya..:)
Mampir balik gan..manfaat bersama

Balas

wah baru tahu nih gan , bermanfaat infonya bisa untuk pandangan kedepan nih :)

Balas

betu sekali gan |o| pendidik atau pengajar sudah pasti berilmu dan mu menularkan ilmunya :-bd

Balas

apanya yang mau disedot gan :D

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.