Hukum Ramalan Zodiak

http://udhy-asbudi.blogspot.com/2014/03/hukum-ramalan-zodiak.html
Hukum Ramalan Zodiak - Ramalan salah satu zodiak di tahun 2014: Kehidupan cinta Anda tidak terlalu menyenangkan tahun ini. Akan sulit sekali berkomunikasi dengan si dia, tapi Anda harus berusaha keras jika ada sesuatu yang ingin Anda luruskan.


Hubungan Anda mungkin juga akan mengalami perubahan, namun ke arah yang lebih baik. Untuk yang single, pertemuan dengan pria baru akan mengubah hidup Anda.

Info-info semacam inilah yang menyebar di tengah-tengah pemuda di awal tahun baru 2014. Untuk menjalani tahun 2014, mereka membaca nasib lewat ramalan bintang atau zodiak tersebut. Mereka ingin mencari tahu bagaimana nasib cinta mereka, bagaimana rizki mereka, dan bagaimana keberuntungan mereka di tahun 2014. Padahal ajaran Islam sangat melarang keras hal ini, namun banyak yang tidak memahaminya karena tidak mau belajar akidah dan mengenal Islam lebih dalam.

Ketua Komisi Fatwa Kerajaan Saudi Arabia (Al Lajnah Ad Daimah) di masa silam, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz ditanya mengenai hukum membaca ramalan bintang, zodiak dan semisalnya.
Jawaban beliau rahimahullah,

Yang disebut ilmu bintang, horoskop, zodiak dan rasi bintang termasuk di antara amalan jahiliyah. Ketahuilah bahwa Islam datang untuk menghapus ajaran tersebut dan menjelaskan akan kesyirikannya. Karena di dalam ajaran tersebut terdapat ketergantungan pada selain Allah, ada keyakinan bahwa bahaya dan manfaat itu datang dari selain Allah, juga terdapat pembenaran terhadap pernyataan tukang ramal yang mengaku-ngaku mengetahui perkara ghaib dengan penuh kedustaan, inilah mengapa disebut syirik. Tukang ramal benar-benar telah menempuh cara untuk merampas harta orang lain dengan jalan yang batil dan mereka pun ingin merusak akidah kaum muslimin. Dalil yang menunjukkan perihal tadi adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab sunannya dengan sanad yang shahih dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَنِ اقْتَبَسَ عِلْمًا مِنَ النُّجُومِ اقْتَبَسَ شُعْبَةً مِنَ السِّحْرِ زَادَ مَا زَادَ
“Barangsiapa mengambil ilmu perbintangan, maka ia berarti telah mengambil salah satu cabang sihir, akan bertambah dan terus bertambah.”[1]
Begitu pula hadits yang diriwayatkan oleh Al Bazzar dengan sanad yang jayyid dari ‘Imron bin Hushoin, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,


لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ سَحَّرَ أَوْ سُحِّرَ لَهُ
“Bukan termasuk golongan kami, siapa saja yang beranggapan sial atau membenarkan orang yang beranggapan sial, atau siapa saja yang mendatangi tukang ramal atau membenarkan ucapannya, atau siapa saja yang melakukan perbuatan sihir atau membenarkannya.”[2]


Siapa saja yang mengklaim mengetahui perkara ghaib, maka ia termasuk dalam golongan kaahin (tukang ramal) atau orang yang berserikat di dalamnya. Karena ilmu ghaib hanya menjadi hak prerogatif Allah sebagaimana disebutkan dalam ayat,


قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ
“Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah" (QS. An Naml: 65).


Nasehatku bagi siapa saja yang menggantungkan diri pada berbagai ramalan bintang, hendaklah ia bertaubat dan banyak memohon ampun pada Allah (banyak beristighfar). Hendaklah yang jadi sandaran hatinya dalam segala urusan adalah Allah semata, ditambah dengan melakukan sebab-sebab yang dibolehkan secara syar’i. Hendaklah ia tinggalkan ramalan-ramalan bintang yang termasuk perkara jahiliyah, jauhilah dan berhati-hatilah dengan bertanya pada tukang ramal atau membenarkan perkataan mereka. Lakukan hal ini dalam rangka taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dalam rangka menjaga agama dan akidah.


(Dinukil dengan perubahan redaksi dari Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 2: 123)
***
Ramalan bukan hanya datang dari tukang ramal dengan bertanya langsung, namun saat ini bisa masuk ke rumah-rumah kaum muslimin dengan begitu mudah, baik lewat media cetak, TV, atau pun internet. Kita berlindung kepada Allah semoga diri kita, anak-anak kita, kerabat-kerabat kita terbebas dari membaca dan mempercayai ramalan bintang, serta dijauhi segala bentuk perbuatan syirik. Jadikanlah satu-satunya sandaran dalam segala urusan adalah Allah Ta’ala semata,


وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
“Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS. Ath Tholaq: 3). Al Qurtubi mengatakan, ”Barangsiapa menyerahkan urusannya sepenuhnya kepada Allah, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya.” (Al Jami’ Liahkamil Qur’an, 18: 161). Jika Allah jadi satu-satunya sandaran, maka rizki, jodoh, dan segala urusan akan dimudahkan oleh Allah Ta’ala.


source: artikelmuslim.com


semoga bermanfaat
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

24 comments

waduuhh ..agak sedikt percaya sama zodiak sih gann ..tp maksih infonyaa :)

Balas

generasi sekarang banyak ga tahu hukum-hukum agamanya sendiri

( sok tua wkwkwk )

Balas

jangan terlalu percaya gan, jadikan aja hiburan, entar tersesat kalau percaya gituan :ngakak:

Balas

betul gan, kebanyakan dari mereka tersesat se'sesat-sesatnya :-d

Balas

sekadar informasi, menambah pengetahuan-tampa harus percaya didalamnya... :)

Balas

betul gan, jadiin aja hiburan dikala duka disamping tambahan info ;)

Balas

info menarik gan.. Saya gak percaya sama ramalan, tapi di pake buat seru-seruan saj :D

Balas

baguslah gan kalau agan tidak percaya sama ramalan :)

Balas

Untung gua gak pernah percaya sama yg nama nya zodiak

Balas

syukurlah gan kalau gitu :-bd

Balas

Kalau zaman sekarang hal itu sudah menjadi biasa dan ,emang selalu di inginkan om...

Balas

meskipun udah biasa kalau bertentangan dengan agama tetap tidak boleh dilakukan gan ;)

Balas

memang benar.,.. ramalan itu tidak baik untuk di turuti.. namun sebagai rasa ingin tahu saja.. selebihnya jangan sampai percaya seutuhnya nantinya kita tidak akan menjadi orang yang baik//
salam blogger.. salam menulis kang

Balas

betul gan, jangan percaya karena bisa membuat tersesat ;)

Balas

Klo ane sendiri hanya buat hiburan aja, mas. Krn ane prcya, hal tersebut hnya karangan manusia saja. Gak ada bener2nya.

Balas

betul gan, janan pernah percaya dengan ramalan :)

Balas

Trik Yang Bermanfaat Gan. Jgn Lupa Mampir Ya..

Balas

ok gan, segera mampir ke TKP dech ;)

Balas

apapun bentuknya dan alasannya menduakan keyakinan selain kepada_NYA, tentu dilarang sangat.
terimakasih pencerahannya

Balas

betul mas, keyakinan haruslah tetap satu yakni hanya tertuju padanya sebab Dialah penguasa yang menciptakan dan mengatur semuanya :-bd

Balas

percaya nggak percaya yg penting kita masih bertaqwa pada yg menciptakn kits ya oke :)

Balas

betul itu mas, Taqwa kepada sang pencipta itulah yang utama :-d

Balas

Bener banget! Ramalan itu ada cuma buat hiburan doang, tapi jangan dipercaya. Entar malah stres sendiri -_-

Balas

iya gan, jadiin hiburan aja :-d

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.