Apakah Betul Sekolah Gratis Itu Ada?

http://udhy-asbudi.blogspot.com/2014/03/apakah-betul-sekolah-gratis-itu-ada.html
Apakah Betul Sekolah Gratis Itu Ada? - Kita semua harus meluruskan definisi sekolah gratis. Karena sejatinya, tidak ada sekolah gratis. Silahkan datang ke salah satu pesantren di jawa barat yang punya 16.000 lebih murid, dan semua dibebaskan biaya sekolah, alias gratis. Tapi apakah memang gratis sekolah itu? Tentu tidak. Butuh ber-ton-ton beras untuk makan seluruh murid, butuh berbakul2 sayur, bahkan ber-kilo2 gram daging untuk makan murid sehari saja. Belum lagi biaya membangun bangunan, membayar gaji guru2, peralatan mengajar. Siapa yang membayarnya? Donatur. Usaha bersama yang dilakukan. Pemilik yayasan, dsbgnya.

Pun saat ada sekolah kecil di tengah kota besar yang menggratiskan murid2nya. Pemilik sekolah itu meletakkan uangnya dengan senang hati, membayar seluruh kebutuhan murid2 dan guru2nya dengan riang. Tidak mengapa habis ratusan juta, milyaran, yang penting pendidikan terbaik diterima oleh murid2.

Gratis bagi murid2, itu betul, tapi sekolah, di manapaun, apapun, membutuhkan biaya operasional.

Maka, menipu sekali ketika orang2 sibuk berkampanye sekolah gratis. Calon gubernur semangat menjanjikan sekolah gratis, atau kalau sudah berjalan, bilang itu atas kerja keras dia. Tentu tidak. Karena sejatinya tetap ada yang membayarnya. Apakah Gubernur itu yang bayar? Well yeah, pastikan saja gubernur ini tidak dipanggil KPK. Tidak ada sejarahnya Gubernur/pejabat pemerintah bersedia mengeluarkan uang utk sekolah gratis. Karena kalau dia mau, dia tdk tertarik jadi gubernur. Dia bisa membangun sekolah gratis di mana2 dengan uangnya bahkan tanpa perlu jadi apapun.
Sekolah gratis yg digagas pemerintah, itu ditanggung oleh pembayar pajak. Jika anggarannya minus, negara berhutang. Maka hutang tersebut ditanggung kita semua.

Tapi penjelasan ini menjadi menarik saat kita pahami bersama. Apakah semua rakyat Indonesia mau sebagian besar pajak/hutang tersebut untuk sekolah? Untuk pendidikan anak2? Maukah kita?

Karena kita harus paham sekali, pendidikan itu mahal. Maka maukah kita seluruh Indonesia sepakat untuk membiayainya? Jika kita mau, maka sudah saatnya kita memprioritaskan masalah pendidikan ini. Maukah kita semua menanggung biaya pendidikan utk generasi penerus kita? Maukah kita menyisihkan 400-600 triliun dalam setahun untuk anak2 kita? Jika mau, maka kita bisa bersama2 bicara lebih baik tentang definisi: sekolah gratis.

Kalau saya yang ditanya, maka jawabannya saya mau. Tidak ada investasi paling brilian untuk masa depan bangsa ini selain pendidikan. Kita akan memetiknya besok lusa. Dari mana uang 400-600 Triliun itu? Ada banyak anggaran yang bisa dikorbankan demi pendidikan anak2 kita. Salah-satunya adalah yg 400 triliun hanya habis dibakar jadi asap dan sentrum.
Tentu saja kita tahu semua, uang banyak tersebut resiko dikorup, diembat oleh orang2 yang ada di sekolah itu tinggi sekali, maka semua sekolah wajib dipelototi. Jangan biarkan celah sedikit pun. Kita butuh 20-30 tahun lagi, dengan seluruh anggaran raksasa, baru berhasil menyiram bersih semua praktek kotor itu. Benar2 disiram, yg suka nyontek massal, yg suka pungli, yg suka korup, digantikan dgn yg lebih amanah. Guru2 terbaik direkrut. Lulusan paling brilian diambil, dan mereka mau jadi guru berdedikasi penuh tanpa pusing soal penghasilan.

Pendidikan adalah tempat terakhir kita bisa mengubah begitu banyak hal. Anak2 kampung, anak2 buruh tani, dengan pendidikan bisa menjadi seorang dokter, insinyur, hakim, atau apalah. Dan sungguh menakjubkan melihat mereka membalas seluruh kebaikan yg diterima dari pendidikan dengan menjadi seorang dokter yg baik, insinyur yg brilian atau hakim yang amanah. Ada banyak PR dari dunia pendidikan kita hari ini. Hanya dengan pemimpin berhati teguh, berkomitmen besar, semua PR itu akan terselesaikan.

Semoga masih ada yang mau memikirkan masa depan pendidikan nasional.


semoga bermanfaat. Pembaca Yang Baik tentu meninggalkan komentarnya..
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

24 comments

heeeem dari uraiannya, betul tidak ada sekolah gratis. mesti ada pihak tertentu yang ikut terlibat... sy sepakat pada narasi terakhir dlm artikel di atas, Investasi untuk generasi yang akan datang, mesti kita pikul bersama, demi sebuah generasi yang lebih baik tentunya. Pendidikan Gratis merupakan sebuah keharusan dan kemutlakan di dalam bangsa ini.... salam :)

Balas

betul bang, sekolah adalah tempat untuk mendidik dan merubah calon-calon pemimpin masa depan bangsa menjadi lebih baik dan lebih siap tentunya untuk memimpin bangsa Ini :-d

Balas

ada ko gan, di dekat rumahku sekolah MI/SD gratis,

Balas

hahhaha, ternyata neng Tia ini kemungkinan gak baca sampai akhir ini artikelnya? jangan2 cuma baca judulnya aja??

Balas

wah.. harus cari pemimpin yang bisa ngerjain semua PRnya nih..

Balas

kalo sekolah gratis , negara kuat gak yah nanggung biayanya.... memang di butuhkan pemimpin yang bagus tapi tetep aja kalo bawahannya gak bagus jadi tetep korup dimana mana. hutang indonesia makin numpuk deh...

Balas

bener gan, negara sudah banyak utang kalau harus namggung biaya lagi jadi tambah parah, belum lagi para korup yg semena-mena, maka dari itu dibutuhkan pemimpin yg berkualitas, dan tentu itu lahir dari sekolah-sekolah yang ada diIndonesia

Balas

saya sangat suka dengan artikel ini. karena pendidikan adalah hal pokok yang harus diberikan kepada semua rakyat dengan sangat murah dan tidak mahal-mahal..

Balas

sekolah gratis akan ada tapi tergantung dari para pemimpinnya

Balas

betul gan, murah tapi mampu mencetak generasi yang terbaik :-d

Balas

makanya gan, carilah pemimpin yang mengerti pentingnya pendidikan :)

Balas

gak ada yang namanya sekolah gratis! sekolah ya bayar, cari ilmu juga bayar!

Balas

Setuju, kata kuncinya memang "Pendidikan gratis" untuk segenap anak bangsa, krn selama ini dunia pendidikan kita sudah terjerumus ke dalam lembah kapitalistik yang hanya melahirkan generasi "untung-rugi" salam :)

Balas

iya gan, generasi untung rugi tidak akan merubah bangsa menjadi lebih baik, hanya akan menambah utang negara gan :D

Balas

bener gan, ilmu itu mahal, ya pendidikan tentunya mahal

Balas

gratis slogan nya saja kek nya pemerintah kalau bantu tanggung2 gitu, dan gak jelas juga

Balas

segala biaya operasional tetap menjadi tanggungan negara sob :)

Balas

Memanghnya ada sekolah gratis...?

Balas

nanya saya gan??????????? :)

Balas

mungkin gratis itu masih menjadi MISTERI

#ngaco

Balas

kayak filem aja gan "Misteri" hahhaha =D

Balas

masih simpang siur dengan program yang diberikan pemerintah itu benar atau hanya ingin namanya dilambungkan tinggi dengan program yang tidak transparan seperti sekolah gratis itu.

Balas

betul gan, semuanya harus transparan terutama kalau menyangkut pendidikan gan ;)

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.