Renungan Untuk Para Blogger

http://udhy-asbudi.blogspot.com/2014/02/renungan-untuk-para-blogger.html
Renungan Untuk Para Blogger - by Udhy Asbudi, Dunia internet bukanlah hal yang tabu lagi dikalangan masyarakat, mulai dari yang muda sampai pada yang tua semua tentu sudah mengenal dunia internet. beraktivitas di dunia maya ini pun banyak macamnya, ada yang FB-an, Twiter-an, main game, atau blogging. Nah khusus yang ingin saya singgung mengenai Blogging. Dunia blogging baru saya tahu kurang lebih 3 tahun yang lalu. Yach masih ternasuk pemula sich. Saya banyak belajar dari Dunia Lain ini.., ech maksudnya dunia blogging ini. Hehehehhe

Memiliki blog pun tidak pernah terbesit dalam pikiran saya dulu, karena dulu saya hanya suka buka-buka artikel terus baca sampai ngantuk... hahahaha. Sebenarnya blog baru saya miliki setelah saya melihat blog teman saya yang isinya hasil tulisan curhatnya. nach dari situ saya mulai tertarik dan akhirnya buat blog juga serta mulai searching pengetahuan tentang blog hingga bisa seperti sekarang ini. Sejauh ini saya dapat banyak pelajaran berharga dari aktivitas ngeblog ini.

Bermacam – macam alasan mengapa orang membuat sebuah blog, mulai dari isenk doank, ikut-ikutan sama temen, sebagai ajang promosi barang/ bisnis, sampai pada hobi. Kalau saya sich awalnya ikut-ikutan doank sama teman mau curhat lewat blog tapi eh malah ketagihan dan akhirnya jadi hobi nge-blog dech. wkwkwkwkkwk..

Tapi apapun alasan para sobat sekalian buat blog, ada hal yang seharusnya menjadi pelajaran dan wajib kita renungkan sebagai sesama blogger, entah itu blogger pemula ataupun yang sudah mastah. hal tersebut antara lain :

1. Jadikanlah blog yang anda buat sebagai Jati diri anda,
Maksudnya blog yang anda buat secara tidak langsung mencerminkan pribadi anda, ya kalau blog anda penuh dengan konten dewasa(maaf nich: hal-hal yang berbau p*rn*) maka tentu secara tidak langsung publik akan menilai anda sebagai yach... tau sendiri lah. Kalau blog anda penuh dengan konten plagiat maka tentu publik juga akan mengecap anda sebagai tukang plagiat. Jadi marilah kita isi blog kita dengan konten yang sesuai dengan pribadi atau kemauan kita. Bolehlah kita mengutip konten dari orang lain tapi setidaknya jangan semua, mengetiklah sekali-kali atau buatlah tulisan sekali-kali sebagai hasil karya anda sendiri.

2. Jadikanlah blog yang anda buat sebagai ajang Pembelajaran bagi anda,
maksudnya blog yang kita buat jangan sampai membuat kita menjadi pribadi yang lebih ngaco/kacau (ehheheh). Lho ko’ kacau??? bukankah dikatakan anda lebih kacau jika waktu seharian anda habiskan hanya di depan laptop mengurusi blog??? ( hahahaah kayak orang kurang kerjaan). Yang sebelumnya PR atau tugas sekolah dikerja abizt-abizan sebelum punya blog, eh setelah punya blog malah dia yang dikerjain abizt-abizan oleh tugas (hahahaha, maksudnya gak kerja tugas anda). Bukankah lebih Indah jika dengan adanya blog anda, maka jadwal anda semakin teratur?? misal anda buatlah scedule_nya, bangun shalat shubuh trus posting bentar, trus kesekolah, trus pulang kerumah kerja PR/Tugas dan seterusnya.... (itu kan lebih baik).

Pembelajaran yang perlu kita renungkan juga adalah tentang mengambil tulisan orang lain. Menurut saya sich jika memang anda suka dengan copas yach boleh saja, tapi apa salahnya jika anda menulis sumber tulisan tersebut atau setidaknya anda mencamtumkan nama penulis atau nama blog atau nama apaun dari tulisan yang anda ambil, toch itu juga tidak akan menimbulkan kerugian bagi anda????

3. Jadikan Blog sebagai ajang silaturahmi atau ajang bersosialisasi,
Silaturahmi itu bukanlah sebatas harus kunjung kerumah orang yang dituju, tapi silaturahmi bisa dalam bentuk sms-an, FB-an, twiter-an, ataupun saling blog walking. Nach dari blogwalking ini saya dapat banyak pengalaman sob. Mulai dari kunjung mengunjungi blog newbie sampai mengunjugi blog yang sudah mastah alias master atau jago empunya. Hahahahah.

Dari blogwalking inilah sebenarnya banyak pelajaran yang bisa para blogger petik. Yach sesuai dengan ajaran Rasulullah yang mengatakan “Dan saling kunjung-mengunjungilah kamu sekalian agar kamu dapat saling mengenal”. Dengan blogwalking kita dapat saling mengenal satu sama lain meski sebenarnya jarak teramat memisahkan kita, yach setidaknya jangan anda jadikan blogwalking hanya sebagai ajang untuk menaikkan pageview saja (hehehe banyak yang gitu kan???).

ada juga diantara para blogger yang pageview_nya sudah banyak alias Alexanya sudah amat Ramping malah membuat nya besar Pasak daripada Tiang. Tidak mau mengomentari blog yang pageviewnya masih terhitung jari. Yach basi nich kaalau ada blogger kayak gini !!! Sebenarnya di mata Mbah google Pageview atau si mba’ Alexa mah nda jadi persoalan, tapi tolak ukur sebenarnya adalah konten blog sobat, apakah asli buatan sendiri atau copas aja. Buat apa pageview or Alexa Ramping abozt kalau isinya hasil copas semua???

Etika untuk blogger sebenarnya mudah, jika blog sobat kedatangan blogwalking yang banyak ataupun sedikit, jika anda punya waktu luang ya apa salahnya anda menyempatkan diri buat berkunjung balik ( itung2 silaturahmi lah ^_^ ), toch jika sobat blogwalking tentu tidak akan menurunkan pageview atau menggemukkan mba’ Alexa anda kan?? So apa salahnya berkunjung balik??

Para sobat Blogger sekalian, tulisan ini saya buat bukannya untuk menyindir banyak orang tapi hanyalah sebagai bahan renungan saja.

Bukankah lebih baik jika Hobi kita yang nge-blog juga bisa membuahkan pahala karena silaturahmi yang lancar ataupun ikhlas?? (bukan karena terpaksa). Karena sekecil apapun perbuatan yang kita lakukan jika niatnya baik dan tulus maka akan mendapat balasan yang Besar dari_NYA.

Akhir Ketikan dari saya Marilah kita Menjadi blogger yang mengerti apa yang seharusnya kita lakukan.

Keep Blogging


salam... Udhy Asbudi.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

46 comments

Boleh nhe. saya suka yg ini Jadikan Blog sebagai ajang bersosialisasi Tq Gan

Balas

ane lebih suka yang nomor 2 gan!

Balas

iya gan , sebagai ajang pembelajaran ;)

Balas

nyimak aja ni, komen back ya http://tikiin.blogspot.com/2014/02/cara-gampang-membuat-akun-path.html

Balas

thanks gan, tapi kalau boleh lain kali jgn titip link gan. saya juga udah kunjung ke blog agan ^_^

Balas

ane bakal lebih mem,anfaakan blogging lagi gan thnaks

Balas

benar gan.
setidaknya dengan adanya komunikasi seperti ini menciptakan sebuah kekeluargaan..
Nice Artikel.. Sukses gan..

Balas

iya gan, jadikan motivasi positif buat pribadi :)

Balas

islami agar ber-berkah gan ;)

Balas

bener banget gan, komunikasi kecil tapi dengan rutin maka bisa menciptakan sebuah kekeluargaan :-bd

Balas

terima kasih telah berkunjung ke blog saya. ternyata postingan anda bagus-bagus ya...

Balas

sama-sama gan, thanks juga udah berkunjung balik ke blog saya.
Postingan di blog anda juga bagus-bagus :-bd

Balas

saya awalnya juga iseng2 eh akhirnya ketagihan :)

Balas

keren ,nice post gan

semoga sukses

Balas

Hehehe saya lebih suka yang nomor 2 tuh gan :D

Balas

bagi saya blog adalah tempat untuk belajar menulis dan jika ada yang mendapatkan manfaat dari artikel yang saya tulis, saya akan senang sekali

Balas

postnya keren, z akan pergunakan blog z sebaikmungkin tq gan :)

Balas

iseng-iseng ketagihan. itu alasan saya

Balas

makasih gan kunjungannya ;)

Balas

kalau tujuan ngeblog saya sendiri sih untuk berbagi informasi kpd smua orang :)
Thanks informasinya...

Balas

Makasih info'a gan, saya setuj sama yg nomor 2, blog saya ini memang untuk sekedar pembelajaran buat saya, bisa berupa materi perkuliahan, inspirasim dan lain-lain..

Awalnya juga saya cuma iseng doank pas SMA tahun 2009, penasaran blog itu kaya gimana.. ternyata pas udah ngerti di 2012, saya malah ketagihan..

makasih undha berkunjung ke blog saya ya, jangan bosen" berkunjungke blog saya ya :)

Balas

blognya stylish abis juragan..... topik nya juga cesss bgt nih.... sering2 mampir di blog ane juga juragan http://rumahtugaspgsd.blogspot.com/ :)

Balas

Ijin nyimak gan .. Nice blog gan .. keep blogging ya :)

Free Download Premium Template & Seo Educations.
http://indonesians-webmaster.blogspot.com/

Balas

Ya . Betul sekali , intinya adalah Blog bermanfaat dan blogger berkode etik

info dan jadwal bola http://sepakterjal.blogspot.com

Balas

sama-sama ketagihan dong gan ;)

Balas

iya gan, memang sebaiknya dijadikan sebagai ajang untuk membelaharkan diri supaya lebih baik :-bd

Balas

bagus itu gan, mulia sekali tujuannya ^_^

Balas

makasih gan, pergunakan blog nya dengan bijak ya gan, jangan terlalu banyak isi copas_nya ;)

Balas

kirain iseng-iseng Berhadiah gan :)

Balas

share information to the other, it nice brother ;)

Balas

iya gan, tunggu aja kunjungan berikutnya, Insya ALLAH :)

Balas

kunjungan pertama + follow
ditunggu follbacknya
ayo bersilaturahmi
http://ahmadandria.blogspot.com/2014/02/mengamalkan-dua-kalimat-syahadat.html

Balas

Untuk saya kiranya yang nomor dua, akan tetapi melihatnya dari sisi perkembagan cara kita menulis sebuah artikel di blog yang pastinya dibutuhkan tulisan yang menarik agar yang membaca tidak terlihat jenuh intinya sih sebagai media pembelajaran..

Balas

iya gan, segera dech follback_nya ;)

Balas

Saya juga sangat setuju kalau blog sebagai ajang pembelajaran supaya lebih mengerti dan tidak gaptek tentang teknologi. :)

Balas

bener itu gan, pembelajaran agar lebih baik tentunya... :)

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.