Pada Tahun 2014 Tidak Ada Lagi Siswa SD Tinggal Kelas

Pada Tahun 2014 Tidak Ada Lagi Siswa SD Tinggal Kelas, assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mulai tahun 2014 tidak ada lagi siswa sekolah dasar (SD) yang tinggal kelas. Hal ini sejalan dengan mulai diterapkannya Kurikulum 2013 pengganti Kurikulum KTSP di seluruh sekolah. 

Tidak ada lagi siswa sekolah dasar yang tinggal kelas atau tidak naik. kelas.  
Bentuk penilaian siswa sekolah dasar berubah, tidak lagi berupa angka, tetapi berbentuk deskripsi. Siswa yang belum memahami atau menguasai pelajaran tetap boleh naik kelas, tetapi harus mengulang pelajaran yang belum dikuasainya.

Penilaian rapor sekolah dasar berbentuk deskripsi untuk menilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa peserta didik. Rapor berubah, tidak lagi berisi angka-angka. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Ramon Mohandas, ”Penilaian di SD tidak ada angka, tetapi narasi,” katan Ramon sebelum Rapat Koordinasi Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 dan Ujian Nasional 2014. 
 
Untuk memperkenalkan sistem yang baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah melaksanakan pelatihan untuk guru pendamping yang turun ke lapangan. Para guru dijelaskan bentuk rapor, cara penilaian, dan pemberian angka. Tahun ini pelatihan diikuti 6.000 sekolah dasar dan akan bertambah menjadi 150.000 sekolah dasar pada tahun depan.


Penilaian narasi dalam rapor harus menggunakan bahasa positif karena usia anak yang masih dalam batasan usia emas. Penilaian narasi juga harus bisa memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuannya. Hal itu ditambahkan oleh Kepala Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud, Tjipto Sumadi. ”Selama ini jika anak diberi nilai lima atau nilai merah, justru kurang baik dari sisi psikologis anak,” kata Tjipto.  


sumber: sekolahdasar.net 

semoga bermanfaat. jangan lupa klik iklannya sobat..
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

6 comments

wah enak kali Anak SD thn 2014...
nice artikel bro...

Balas

Oalah makin enak ajah ini anak SD nanti 2014 ...
Makin bandel ajah deh , dan pasti males"an untuk belajar ..

Makasih kang info nya :D

Balas

gak males''an kok gan, krn meskipun naik kelas semua tetap mengulang pelajaran yang belum dilulusi..
makasih juga udah berkunjung

Balas

wah,enak sekali ya tahun 2014.gak perlu bersedih bagi anak SD yang kurang nilainya...

Balas

tapi tetap harus belajar keras mas bro karena pelajaran akan terus diulagi jika tidak mereka lulusi

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.