Akta IV Tidak Berlaku Lagi Diganti Sertifikat Profesi


Untuk bisa menjadi guru harus mimilki sertifikat profesi buka lagi akta VI
Akta IV Tidak Berlaku Lagi Diganti Sertifikat Profesi - Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Surat izin mengajar bagi sarjana FKIP atau dikenal dengan akta IV sudah tidak berlaku lagi. Hal ini disampaikan Kepala Sub Direktorat Program dan Evaluasi Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Agus Susilo.

Kemendikbud telah menyebar surat edaran untuk seluruh badan kepegawaian pusat dan daerah di seluruh Indonesia yang isinya menegaskan kembali bahwa keberadaan akta IV sudah tidak berlaku lagi. Kemendikbud masih menemukan sejumlah pemda yang menjadikan akta IV sebagai syarat melamar CPNS baru formasi guru.

Sejak diterbitkan undang-undang 14/2005 tentang guru dan dosen, keberadaan akta IV sudah tidak berlaku lagi. "Sejatinya akta IV itu sudah tidak berlaku sejak 2005 lalu," kata Agus Susilo.

Akta IV sudah tidak lagi digunakan Kemendikbud untuk merektur calon guru. Gantinya adalah dengan program profesi guru (PPG) dan pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) untuk guru dalam jabatan. Setelah tahun 2016 untuk bisa menjadi guru CPNS atau guru swasta profesional harus mimiliki sertifikat profesi.

Sekarang sedang dirintis sejumlah skema untuk menerbitkan sertifikat profesi guru. Diantaranya adalah dengan tambahan masa studi setelah kuliah FKIP. Standarnya kuliah FKIP berjalan selama empat tahun atau delapan semester. Untuk bisa mendapatkan sertifikat profesi guru, mereka wajib kuliah lagi selama satu tahun atau dua semester.

sumber: sekolahdasar.net

semoga bermanfaat..
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

10 comments

Kok nggak berlaku lagi ya mas , widih2 :D

Balas

karena sudah ada sertifikat profesi yang sekarang diberlakukan..

Balas

Ternyata begitu ya gan sekarang standarnya, Padahal kemarin rencana kuliah dengan mengambil Akta sekaligus tetapi setelah penjelasan agan ini... sudah jelas semua

Balas

sebenarnya belum berlaku secara menyeluruh, katanya pemerintah akan memberlakukan pelan-pelan, jadi lambat laung akta IV nntinya benar-benar tdk brlaku lagi, yach skitaran 2016 baru bisa terealisasi semua

Balas

makin dibutuhkan pendidikan tinggi ya :D

Balas

Oh, untuk yang memegang akta IV gmana nasibnya, bang??? aturan yang berorientasi bisnis dong ini namanya :(

Balas

tergantung Daerah yang bersangkutan gan, karena pusat sudah menyebar himbauan bhwa aktaIV tdk berlaku lagi tapi kalau kebijakan daerah belum merealisasikan berarti masih berlaku aktanya. mengenai aturan yg berorientasi bisnis , yach maklum aja lah negara kita kan penuh dengan manipulasi bisinis :D

Balas

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.