Cara Terbaru Mengatasi Duplikat Konten Pada Blog

Cara Terbaru Mengatasi Duplikat Konten Pada Blog - Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada kesempatan ini saya akan berbagi info mengenai cara mengatasi duplikat konteen pada blog. silahkan disimak..
bagi anda khususnya pengguna blogspot pasti yang mengalami duplikat konten yang terdapat di webmaster tools dan tidak tau bagaimana cara mengatasinya agar tidak terjadi kembali adanya duplikat konten, sebenarnya masalah duplikat konten ini tidak berdampak begitu buruk untuk blog kita, namun jika kita mengatasi masalah duplikat konten ini akan bisa menigkatkan kualitas blog di mata search engine, lalu bagaimana cara mengatasi duplikat konten..? berikut langkah-langkahnya..
 

     1. Duplikat Konten Karena Halaman Label

Dalam keadaan default sebenarnya halaman label sudah disetting agar tidak terindek oleh mesin pencari, yaitu pada file robots.txt. Namun entah karena salah setting atau bagaimana, terkadang halaman label tetap saja terindex oleh mesin pencari yang akhirnya menyebabkan duplikat konten. Solusinya, anda harus memasukan sebuah kode khusus secara manual kedalam template blog anda. 


anda tambahkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head> di template anda.


<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>


Kode tersebut adalah sebuah kode meta tag robot seperti pada umumnya, namun diapit oleh kode tag conditional agar hanya tampil pada halaman label saja.

     2. Duplikat Konten Karena Halaman Arsip dan Pencarian


Untuk mengatasi duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian caranya sangat mudah sekali, tidak perlu memasukan kode-kode khusus, anda hanya perlu mengatur settingan preferensi penelusuran pada dashboard blog anda


1. Masuk ke setelan,
2. Klik Preferensi penelusuran,
3. Scroll ke bawah dan Aktifkan tag header robot khusus.
4. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini:
Cara Mengatasi Duplikat Konten Di Blog

     3. Duplikat Konten Karena Halaman Versi Seluler


Banyak sekali cara mengatasi duplikat konten yang terjadi karena halaman versi seluler. Sejauh yang saya tahu ada tiga cara, yang pertama menggunakan kode meta tag seperti pada kasus nomor satu, yang kedua menggunakan setingan file robots.txt, dan yang ketiga menggunakan settingan parameter URL pada dashboard Google Webmaster Tool. Disini akan saya jelaskan cara yang pertama dan yang kedua saja, karena untuk cara ketiga agak kurang efektif dan sedikit berisiko.
  • anda tambahkan kode di bawah ini tapat di bawah kode <head> di dalam template blog sobat :
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>
  • Menggunakan Settingan Robots.txt
1. Klik Setelan
2. Klik Preferensi penelusuran
3. Scroll ke bawah dan aktifkan robots.txt khusus
4. Selanjutnya masukan kode robots.txt berikut ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search

Sitemap: http://zhalltrozans.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Keterangan :

  • Kode yang berwarna Orange ganti dengan URL blog anda.
jika anda yang ingin blognya terhindar dari masalah duplikat konten bisa terapkan cara di atas, cara-cara di atas sudah saya praktekan sendiri dan hasilnya sekarang blog saya sudah tidak mengalami duplikat konten lagi. 
Cara Mengatasi Duplikat Konten Di Blog

Namun saya tidak bertanggung jawab jika anda setelah mempraktekan cara di atas blog anda hilang dari hasil pencarian atau deindex. 

Dan yang paling penting untuk diketahui adalah, setelah menerapkan cara di atas anda tidak bisa langsung melihat hasilnya, butuh waktu yang lumayan lama karena google perlu mengatur index blog anda kembali. Blog saya sendiri saja membutuhkan waktu sekitar sebulan lebih sebelum akhirnya terbebas dari masalah duplikat konten, ingat jangan mengubah-ubah meta tag atau kode pada saat anda memakai cara-cara di atas karena akan mengganggu proses google untuk mengatur index blog anda.

semoga bermanfaat..
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.