Tentang 3 Permintaan Rasulullah

Tentang 3 Permintaan Rasulullah - ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, setelah kemarin saya share tata cara makan ala Rasulullah, maka kali ini saya akan share hadist 3 permintaan Rasulullah.., silahkan disimak..

http://www.caraterbaru.web.id/

Terdapat banyak riwayat tentang beberapa permintaan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- kepada Allah -ta'ala-. 3 permintaan untuk ummat beliau -sholallahu 'alaihi wasallam-. diantara riwayat-riwayat yang shohih adalah hadist pada shohih Muslim yang diriwayatkan dari Sa'ad berkata :

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَقْبَلَ ذَاتَ يَوْمٍ مِنْ اَلْعَالِيَةِ؛ حَتَّى إِذَا مَرَّ بِمَسْجِدِ بَنِي مُعَاوِيَةَ؛ دَخَلَ فَرَكَعَ فِيهِ رَكْعَتَيْنِ, وَصَلَّيْنَا مَعَهُ, وَدَعَا رَبَّهُ طَوِيلاً, ثُمَّ اِنْصَرَفَ إِلَيْنَا فَقَالَ: سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا فَأَعْطَانِي ثِنْتَيْنِ , وَمَنَعَنِي وَاحِدَةً. سَأَلْتُ رَبِّي أَلَّا يُهْلِكَ أُمَّتِي بِالسَّنَةِ فَأَعْطَانِيهَا, وَسَأَلْتُهُ أَلَّا يُهْلِكَ أُمَّتِي بِالْغَرَقِ, فَأَعْطَانِيهَا, وَسَأَلْتُهُ أَلَّا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ, فَمَنَعَنِيهَا

Artinya : "Bahwa suatu ketika Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam - datang dari 'Aliyah, dan ketika melewati masjid milik bani Mu'awiyah berliau masuk dan sholat 2 rekaat, dan kamipun turut sholat bersama beliau. beliau berdoa sangat lama. setelah selesai, beliau berpaling kepada kami dan bersabda : aku meminta kepada Tuhanku 3 permintaan, 2 dikabulkan dan 1 tidak. aku meminta kepada Tuhanku agar tidak membinasakan ummatku dalam (adzab) satu tahun dan itu dikabulkan. dan aku meminta agar ummatku tidak dibinasakan dengan diternggelamkan (dan semisalnya) dan itu dikabulkan. kemudian aku meminta agar ummatku tidak saling bermusuhan dan itu tidak diberikan kepadaku."

Dalam hadist tersebut terdapat mukjizat kenabian, bahwa beliau -sholallahu 'alaihi wasallam- telah mengkabarkan akan hal yang akan terjadi. 2 hal yang diminta agar tidak terjadi atas ummatnya kelak dan itu dikabulkan yaitu agar ummat ini tidak dibinasakan sebagaimana ummat-ummat terdahulu dibinasakan hanya karena mengurangi timbangan misalnya, dan semua kaum dibinasakan dan digantikan dengan manusia yang baru. tapi itu tidak akan terjadi pada ummat ini.

Dan hal yang terakhi adalah beliau meminta agar ummat ini tidak saling bermusuhan atau agar tetap bersatu, akan tetapi tidak diberikan. faedah dalam hal ini adalah adanya kabar dari beliau -sholallahu 'alaihi wasallam- bahwa perpecahan ummat benar-benar akan terjadi. timbulnya banyak golongan dan fitnah terjadi dimana-mana sehingga kebenaran terlihat samar-samar. hampir tidak bisa dibedakan antara mana yang benar dan mana yang salah kecuali orang-orang yang dirahmati oleh Tuhannya.

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- juga pernah bersabda :


لَتَتْبَعُنَّ سَنَنَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ

Artinya : "Sungguh kalian akan mengikuti sunnah (adat/perilaku) ummat sebelum kalian."

Yang beliau maksud ummat sebelum kalian adalah yahudi dan nasrani, bahwa telah terjadi pada agama mereka perpecahan ummat dan timbulnya fitnah-fitnah. dan hadist dalam shohih Muslim diatas, bahwa beliau mengkabarkan kembali bahwa perpecahan benar-benar akan terjadi pada ummat ini. maka kita diperintahkan untuk berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah agar tidak terjerumus dalam fitnah. juga agar kita dapat bersiap-siap menghadapi badai perpecahan yang akan terjadi.

Wallahu a'lam

source: artikelislami.com
Penulis: Hery Prasetyo
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.