Indonesia Tak seperti Malaysia dan Singapura yang Punya ISA

Indonesia Tak seperti Malaysia dan Singapura yang Punya ISA - ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, setelah kemarin saya share artikel tentang cinta dan syaitan , maka kali ini saya akan share artikel tentang komentar SBY ketika bertandang ke MABES POLRI, silahkan disimak..

SBY: RI Tak Seperti Malaysia dan Singapura yang Punya ISA

 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato saat acara buka
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato saat acara buka (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai kapasitas dan kapabilitas kepolisian republik Indonesia saat ini belum sebanding dengan penduduk indonesia saat ini. Saat menghadiri buka puasa bersama di Markas Besar Polri, Kamis 18 Juli 2013 mengatakan, presiden mengungkapkan, butuh 5-10 tahun lagi pengembangan di tubuh Polri untuk mengemban tugas yang baik di era demokrasi saat ini.

"Bagaimanapun masih  butuhkan waktu 5-10 tahun sampai Polri kita punya kapasitas yang diharapkan," ujarnya.

Dari sisi regulasi menurut Presiden, Indonesia juga belum memiliki Undang-undang keamanan nasional yang ideal. Misalnya UU yang mengatur pihak berwenang untuk dapat melakukan penangkapan jika dinilai berpotensi menganggu stabilitas keamanan nasional.

"Malaysia dan Singapura saja masih punya internal security act, menahan tanpa proses pengadilan," kata SBY.

Di Amerika Serikat menurutnya sebagai pelopor demokrasi di dunia memiliki regulasi semacam itu. " Kita sekarang tidak punya perangkat hukum itu," kata SBY. Namun SBY menambahkan, bukan berarti Indonesia butuh UU seperti itu.

Sebenarnya, meski tak bernama Internal Security Act, Indonesia memiliki UU Antiterorisme yang memberikan kewenangan sampai tujuh hari bagi polisi menahan seseorang atas dugaan keterlibatan dalam tindak terorisme. Ketentuan ini berbeda dengan pidana murni yang hanya bisa satu kali 24 jam. 
sumber: Vivanews
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

2 comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.