Tips Untuk Remaja Putri Menghadapi Kemungkinan Perkosaan

Tips Untuk Remaja Putri Menghadapi Kemungkinan Perkosaan - ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, pada kesempatah kali ini saya ingin share sebuah artikel mengenai hal yang sedang marak dibicarakan di media. sekarang ini di mana mana kita jumpai berita tentang pemerkosaan. wauwww baru ngetik kata itu aja saya sudah ngeri. kaya'nya sisi moral manusia indonesia benar- benar sudah menurun, karena angka pemerkosaan di negara tercinta ini semakin meningkat saaja. berikut sekelumit trik atau tips buat mahluk hawa untk menghindari para mahluk jahannam yang suka memerkosa itu..., let's check..


Berikut ada data2 menarik yg saya sarikan dari berbagai website dunia yg konsen soal pemerkosaan, bahwa:

1. 67% pemerkosaan dilakukan oleh seseorang yg mengenal korban, termasuk dalam definisi ini mengenal lewat jaringan sosial (fb, dll), hanya 1/3 sisanya yang sama sekali belum kenal.

2. 67% pemerkosaan dilakukan malam hari

3. 1/3 pemerkosa melakukannya dalam keadaan mabuk

4. hanya 11% pemerkosa yg menggunakan senjata utk mengancam.

5. 15 dari 16 pemerkosa bahkan tdk pernah masuk penjara 1 hari pun (baik karena korban malu melapor, laporan tdk dilanjutkan, dan faktor lainnya)

6. 44% korban pemerkosaan dibawah usia 18 tahun

7. 31 tahun adalah rata2 usia pelaku pemerkosaan

Maka, dari berbagai fakta tersebut, juga dari berbagai pendapat ahli, berbagai panduan lainnya, berikut sy daftar beberapa panduan utk menjaga diri:

1. Jangan pernah menemui seseorang, pergi dgn seseorang yg baru berkenalan (termasuk baru berkenalan di tempat kerja, sekolah, kafe atau dunia maya), bahkan jika kalian merasa sudah tahu, yakin ybs adalah orang baik2. Ini benar2 tindakan paling bodoh jika kalian mau saja diajak pergi/ketemuan, dan dilakukan malam hari, ke tempat yang kalian tdk tahu. Silahkan cek poin 1 dan 2 fakta2 pemerkosaan di atas, resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan menjadi berkali-kali lipat.

2. Jangan pernah memakai pakaian yang mencolok, membawa barang (dompet, tas, HP) yg mencolok. Karena kalian berpakaian rapi serta sederhana sj tetap tdk mengurungkan niat pemerkosa, apalagi berpenampilan mengundang.

3. Jangan pernah berada dalam ruangan, kamar, tempat yang terisolasi dan terpisah jauh dari orang-orang sekitar. jangan pernah mau dalam situasi seperti itu. Ingat, angkutan umum, persawahan, semak, hutan, dll, jika jauh dr orang2 itu juga masuk dalam kategori ter-isolasi.

4. Selalu punya tujuan jelas jika berada di luar, selalu menjaga diri, misalnya dgn tdk menggunakan earphone di tempat ramai. itu membuat kalian lbh tdk sadar diri dgn lingkungan sekitar, tdk memperhatikan ada yg sedang memperhatikan. Selalu waspada.

5. Jika merasa situasinya sudah mulai mencurigakan, kalian terdesak, di bawah tekanan, SEGERA putuskan untuk pergi menjauh. Ingat, hanya 11% pemerkosa yg menggunakan senjata. Tekan tombol panik dalam diri kalian sesegera mungkin--kecuali jika pemerkosa bersenjata tajam, pistol, kendaraan melaju kencang, dsbgnya dan dalam situasi amat mengancam lainnya. Jika kalian memang amat perasa, sungkan dgn tuan rumah atau seseorang bersama kalian, berbohong silahkan utk mencari alasan pergi segera atau bila perlu pergi saja.

6. Khusus untuk kendaraan/angkutan umum, penting sekali kita tahu tujuan/trayek/detail dari angkutan tersebut. Jika tidak tahu, ragu-ragu, hindari pergi di malam hari, tunda esok hari. Kalau kita sudah terbiasa dengan trayek tersebut, dan situasi normal, tentu kita tidak perlu berlebihan memeriksa, tapi jika kita sama sekali tidak tahu, tindakan preventif lebih baik daripada terlanjur. Jangan naik angkutan umum yang kosong melompong, dan periksa dengan cepat penumpang lain, apakah ada yang mencurigakan. Jika ada yang mencurigakan, segera minta berhenti, turun, jangan ditunda dan setelah turun bergegas ke tempat yang terang/ramai oleh orang-orang. (**saya sungguh berharap pemda tegas soal aturan baku sopir angkutan umum, mulai dari seragam, tanda pengenal, dilarang sopir tembak, rute melanggar trayek, penggelap kaca, dsbgnya; mengingat kejadian pemerkosaan di angkutan umum kita tinggi. pemda bertanggungjawab mutlak atas hal ini. tapi entah kapan itu terjadi, lebih baik kita berhati2).

7. Jangan menerima sembarang minuman dan makanan dari orang yang tidak dikenal. Perhatikan gelas minuman jika kalian berada di pesta, acara, kendaraan umum, dsbgnya.

* terakhir, jangan pernah asal nyeletuk menyalahkan wanita setiap kasus pemerkosaan terjadi misalnya dengan menyalahkan mereka suka berpakaian seksi, dll. karena komen seperti itu tdk menyelesaikan masalah, kitalah yg justeru menambah masalah dengan menyakiti perasaan orang lain. Mari, jagalah anak2 gadis, saudara perempuan, kerabat dan teman kita masing2 (terutama yang masih remaja), misalnya dengan senantiasa menasehati mereka: agar tidak pergi malam-malam, sendirian pula. Dengan tidak keluar malam2, kita sudah mengurangi resiko kejadian ini signifikan sekali.
** panduan ini tidak untuk membuat kita jadi over-protected, berlebihan paniknya, dan terlalu cepat bereaksi padahal situasi normal, panduan ini lebih untuk berjaga-jaga, waspada. beberapa poin mungkin tidak tepat/tidak efektif. Jika kalian masih remaja, diskusikan hal tersebut dengan orang tua masing2.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.