Kebutuhan Yang Menjerumuskanmu Part 2

Kebutuhan Yang Menjerumuskanmu Part 2 - ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH..Salam ADAPTASI.. mari saling berbagi pengetahuan.Beberapa minggu yang lalu saya memposting sebuah artikel yangb bertajuk tentang dampak buruk Televisi. Nah kali ini masih dalam pembahasan yang sama namun dengan media yang berbeda yakni Handphone. Di era globalisasi ini sebuah alat telekomunikasi tentulah menjadi kebutuhan bagi setiap orang, ini karena alat telekomunikasi merupakan penghubung bagi yang dipisahkan oleh jarak. Kehadiran alat telekomunikasi seluler ini sangat membantu sebuah silaturahmi yang terpisahkan oleh jarak yang teramat jauh.

Fungsi utama dari alat telekomunikasi seluler ini adalah sebagai alat telekomunikasi sehingga menjadi kebutuhan yang teramat penting. Bahkan bagi sebagian orang telpon seluler sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimilki. Kemajuan IPTEK membuat telpon seluler semakin canggih dengan penambahan berbagai fitur yang membuat para penikmatnya semakin tergila- gila. Penambahan fitur ini membuat Handphone menjadi alat yang multifungsi, selain sebagai alat telekomunikasi, juga sebagai alat pemotret, alat perekam audio dan visual dan yang paling terbaru adalah untuk berselancar di dunia maya alias internetan. Dengan semua fitur- fitur tersebut menjadikan handphone menjadi sebuah alat yang dengan bahasa sekarang bahwa “ tidak ada HP, tidak asiek”.. atau “ hidupku hanpa tanpa HP”.

Sebenarnya penambahan fitur dari HP menjadikannya sebuah alat yang sangat efisien dimana hanya satu alat tapi banyak fungsi, namun setelah melewati berbagai pengamatan ternyata dampak negatifnya lebih banyak ketimbang dampak positifnya terutama untuk kalangan peserta didik. Dewasa ini mungkin tidak ada lagi peserta didik yang tidak memilki HP, karena bagi mereka HP adalah suatu alat yag mutlak harus dimilkinya. Awalnya mungkin para peserta didik masih memfungsikan HP sebagaimana tujuan utamanya diciptakan, namun semakin lama dapat kita lihat bukti di lapangan bahwa semakin digunakan semakin melenceng dari fungsi utamanya. Apalagi dengan penambahan fitur yang memperlengkap suatu HP menjadikan semua itu pencipta dampak yang kurang baik untuk peserta didik.

Dampak negatif yang dapat kita lihat langsung adalah menjadikan seseorang malas, mungkin yang sebelumnya tidak malas tapi setelah memilki HP menjadi malas, atau yang sebelumnya kurang malas menjadi tambah malas. Kenapa bisa malas???, perlu kita ketahui bersama bahwa HP dikalangan peserta didik sudah menjadi sahabat sejati karena tentunya HP yang kita miliki selalu ada disamping kita, selalu didekat kita dan bahkan kita tidur bersama alat ini (pengganti istri.. huahahahahaahaha). Dengan kondisi seperti itu menjadikan kita terbiasa dengan HP sehingga sedikit- sedikit pasti sentuh HP, sedikit- sedikit pasti main HP.

Di lingkungan sekolah ini membawa dampak dan pengaruh yang sangat besar, bisa dilihat bahwa peserta didik lebih memperhatikan Hpnya di kelas dibanding memperhatikan gurunya menerangkan. Tentu saja dengan kondisi yang demikian membuat peserta didik malas buat belajar karena lebih tertarik dan lebih asyik memainkan fitur canggih dari Hpnya. Jika keadaan ini terus berlanjut tentu akan berimbas pada nilainya di sekolah. Wow... hebatkan???. Gimana Indonesia mau maju kalau para generasi mudanya taunya hanya main HP??

Di lingkungan Rumah atau lingkungan keluarganya menjadikan seorang peserta didik menjadi orang yang super malas karena HP yang dimilkinya.. kebanyakan seorang anak yang disuruh oleh orang tuanya kan mengatakan “bentar” pada waktu disuruh, setelah dilihat kenapa dia mengatakan begitu, survei membuktikan sebagian besar karena sedang main HP. Entah itu lagi main facebookan, game, ataupun internetan dengan tujuan yang tidak jelas. Hal- hal seperti ini adalah sudah menjadi sebuah realita besar dilapangan dimana banyak kalangan peserta didik yang menjadi malas bahkan terbengkalai tugas sekolahnya karena sibuk dengan Hpnya. Apalagi bila dapat telfon dari boy/girl friendnya.. wow jadi makin lupa waktu, lupa kerjain PR bahkan saking lupanya jadi lupa Shalat.. naudzu billah..

Dampak selanjutnya yang bisa kita lihat langsung adalah menjadikan seseorang jadi GIPE (gila Hape). Kalau malas karena main Hp sich masih mendingan tapi kalau sudah Gipe.. waduh itu sudah sangat parah. Gipe artinya segala sesuatunya adalah Hp, tidak mau melakukan apa- apa selain utak atik Hpnya. Seorang peserta didik bila terjangkiti ini memilki ciri jika pulang sekolah hanya ngurus Hpnya sampai makan malam. Kenapa saya bilang parah?, ini karena semua hal akan terbengkalai jika seorang sudah Gipe. Misalnya saja, dia sudah seharusnya sudah makan tapi masih telfonan, seharusnya sudah kerjain tugas tapi malah main Fban,seharusnya kerjaa rukah sudah pada kelar tapi malah main internetan, dan bahkan seharusnya sudah tidur tapi masih aja bicara dengan Hpnya (maksundya lagi terima telfon dari seorang yang tidak penting.. heheheeheh). Nah bukankah yang saya sebutkan semua tadi itu adalah kondisi yang memperlihatkan keparahan dari suatu kebiasaan dari peserta didik?? MUSTAHIL nilai seorang peserta didik akan bagus jika dia sudah kondisi yang saya sebutkan tadi.

Disini penulis hanya ingin mengingatkan, bahwa ALLAH memerintahkan kepada para hambanya untuk memelihara dirinya dan tidak merusaknya. Cakupan makna dari perintah itu sangatlah luas, salah satunya adalah dengan tidak merugikan diri kita sendiri. Bukankah hal- hal yang kita bahas di atas tadi adalah termasuk merusak diri sendiri. Melalaikan segala tugas dan kewajiban adalah sebuah kerugian besar bagi setiap muslim.

Maka dari itu marilah kita saling mengingatkan dan saling memperbaiki diri, untuk para orang tua sebaiknya melihat, memikirkan dan menimbang- nimbang terlebih dahulu jika akan membelikan HP bagi anaknya, apakah akan membuat anak anda lebih berprestasi atau malah menurunkan prestasinya. Dan untuk para peserta didik dan pengguna HP pd umumnya.. marilah kita berfikir cerdas untuk diri sendiri, janganlah merugikan diri akibat perbuatan sendiri. Mungkin lebih baik jika kita menggunakan HP ala kadarnya atau sewajarnya...,

Merubah diri untuk lebih baik akan membawa sukses .. amin..

Penulis: Udhy Asbudi
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.