Kebutuhan Yang Bisa Menjerumuskanmu

Kebutuhan Yang Bisa Menjerumuskanmu - Assalamu Alaikum warahmatullahi Wabarakatuh... Kali ini saya akan memposting artikel tentang pengaruh sebuah media yakni Televisi atau bahasa kerennya TV. Langsung aja cek it out...

Perkembangan zaman makin terasa dengan hadirnya berbagai media, mulai dari radio, TV, handphone dan notebook atau laptop. Namun disini penlis hanya berfokus pada TV. Media ini menjadi salah satu kebutuhan penting dalam sebuah keluarga, dan saat ini di Indonesia sebagian besar rumah tentu sudah memiliki televisi.

Salah satu unsur yang menjadikan daya tarik mengapa TV menjadi kebutuhan dasar adalah karena semakin banyaknya stasiun TV disertai semakin beragam pula program acara yang ditayangkan oleh stasiun TV. Yang menjadi permasalahan utama adalah tentang program acara yang ditayangkan oleh sebuah stasiun TV. Sebuah program tentu memilki daya tarik tersendiri dan memiliki pemirsa tersendiri. Tontonan dewasa tentu penggemarnya orang dewasa juga, tontonan remaja juga dengan penggemar remaja pula dan tontonan anak- anak juga dengan penggemar anak- anak.

Namun yang menjadi permasalahan utama adalah bagaimana jika tontonan yang ada tidak sesuai dengan penikmat atau penontonnya. Yakni jika tontonan dewasa ditonton oleh remaja, dan tontonan remaja ditonton oleh anak- anak. Tentu hal ini akan membawa dampak maupun pengaruh bagi penonnton tersebut.

Permasalahan selanjutnya adalah tontonan yang disiarkan sifatnya tidak mendidik bahkan menjerumuskan.
Beberapa tahun belakangan ini banyak siaran TV yang menyiarkan tontonan yang terkesan tidak mendidik bahkan malah menjerumuskan penikmatnya. Misalnya saja bisa kita lihat pada sinetron sekarang ini yang mana semua kisahnya berbau CINTA, belum lagi yang berbau MAGIC, bahkan yang lebih parah sekarang ini sudah banyak tontonan untuk anak- anak yang mengandung unsur PACARAN.. bagaimana jika anak- anak mencontoh perilaku tersebut, bukankah sebaiknya para peserta didik itu tugasnya adalah belajar dan bukannya malah pacaran???Bukankah semua itu jauh dari agama???

Mungkin pihak produksi atau pihak penyiaran mengatakan bahwa itu tanggug jawab KPI karena memberi ijin untuk menyiarkan, atau pihak lembaga sensor yang mengapa tidak menyensor adegan yang perlu disensor, atau malah mereka mengatakan bahwa itu tanggung jawab orang tua untuk mengawasi anaknya ketika menonton. Sebenarnya semua alasan itu benar, tapi kurang lebih pihak produksi atau pihak pembuat tontonan tentu lebih berperan dalam hal ini. Karena harusnya mereka tidak membuat tontonan yag terkesan tidak mendidik.

Sekarang ini menonton dikalangan anak- anak dan remaja sudah menjadi kebutuhan pokok, bisa dibilang kebutuhan kedua setelah makan. Nah, bagaimana jadinya jika tontonan yang tidak mendidik menjadi konsumsi para anak- anak maupun remaja setiap harinya. Bisa kita bayangkan moral yang akan terbentuk pada anak- anak dan remaja. Bahkan mugkin sebagian dari kita sudah merasakan pembentukan moral dari tontonan yang tidak mendidik tersebut. Sekarang ini bisa kita lihat moral para generasi muda yang bisa dibilang sangat jauh dari harapan.

Saudara- saudaraku, ketahuilah bahwa apa yang kita lihat kurang lebih akan membawa pengaruh pada pengaplikasian kehidupan kita. Artinya apa yang menjadi tontonan remaja dan anak- anak tentulah itu akan dia aplikasikan kedalam kehidupannya. Memang menjadi suatu keharusan bagi orang tua untuk mendampingi ataupun mengawasi anak- anaknya saat menonton, tetapi lebih menjadi keharusan lagi bagi pihak produksi ataupun penyiaran utuk bisa mengantisipasi hal ini. Tapi alangkah baiknya jika yang bersangkutan sendiri bisa mengarahkan dirinya dari tontonan yang tidak mendidik. Dengan kata lain bagi saudara- saudara ku yang akan menonton harap diteliti dan dilihat dulu, apakah tontonan yang kalian lihat bisa memberi contoh yang baik atau tidak.

Penulis berharap marilah kita bersama- sama mencerdaskan diri sendiri dengan menghindari tontonan yang tidak mendidik ataupun tontonan yang tidak sesuai dengan agama kita yaitu islam...

Penulis: Udhy Asbudi
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.