Siapkah Anda Berorganisasi???

Organisasi adalah suatu wadah dimana banyak orang berkumpul yang tergabung dalam suatu kesatuan, baik kesatuan pikiran , kesatuan rasa ataupun kesatuan persepsi yang melahirkan kesamaan tujuan guna mencapai kepentingan bersama.

Dalam organisasi akan terdapat banyak persepsi, banyak pendapat dan perbedaan diantara masing- masing tersebut, namun seorang yang telah masuk dalam organisasi dengan secara sadar akan memahami bahwa perbedaan itu akan siap dileburkan menjadi suatu persamaan demi mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.

Seorang yang masuk dalam organisasi harus menyadari bahwa dirinya akan terlibat dalam organisasi tersebut, terlibat dalam arti bahwa harus disadari bahwa seorang yang masuk dalam suatu organisasi harus merelakan kepentingan pribadinya untuk kepentingan kelompok/organisasinya. Dalam organisasi kepentingan kelompok berada di atas kepentingan pribadi, artinya kepentingan kelompok jauh di atas segalanya.

Orang yang trgabung dalam suatu organisasi harus bisa merelakan kepentingan pribadinya untuk kepentingan kelompoknya demi mencapai kemaslahatan bersama. Jikalau setiap anggota organisasi paham dan mengerti akan ketentuan dasar ini tentu suatu organisasi akan berjalan lancar, mulus dan tanpa kendala. Namun, kegiatan organisasi akan berantakan, macet bahkan bisa hancur bila mana ada anggota yang tidak memahami akan ketentuan organisasi, maka dari itu jikalau seseorang bermaksud akan masuk suatu organisasi maka terlebih dahulu dia harus tahu ketentuan dasar yang ada dalam organisasi. Ketentuan dasar itu merupakan harga mati yang tidak dapat diubah yakni seperti yang telah di utarakan tadi bahwa dalam organisasi terkadang setiap anggota harus bisa MERELAKAN KEPENTIGAN PRIBADINYA UNTUK KEPENTINGAN KELOMPOKNYA.

Selain itu yang bisa menghancurkan organisasi yakni jika diantara anggotanya terdapat sikap EGOIS, bisa dikatakan bahwa sikap ingin menang sendiri. Padahal organisasi merupakan suatu kesatuan yang membentuk kelompok yang berarti kita hidup dan bersosialisasi dengan banyak orang dan nantinya akan mencapai tujuan bersama bukannya tujuan pribadi, jadi sewajarnya sikap egois tidak ditimbulkan dalam organisasi. Sikap egois kemudian akan melahirkan sikap INGIN MENONJOL diantara anggota yang lain, bahkan yang lebih parahnya jika sikap ingin menonjol trsebut tidak diatasi dengan segera maka aka menjadi-jadi dengan ingin menguasai setiap anggota dengan sikap penonjolannya tersebut. Ingin menguasai dalam arti bahwa ingin mengendalikan anggota dengan setiap keinginan dan hasratnya. Sikap- sikap yang telah diutarakan tersebut kika tidak diatasi maka akan menjadi bom waktu dalam kelangsungan organisasi yang mana setiap saat akan siap untuk meledak dan menghancurkan suatu organisasi.

Organisasi merupakan tempat untuk merangkul persamaan dan membentuk rantai persaudaraan. Namun jika diantara anggota terdapat sikap yang telah dijelaskan tadi maka organisasi tidak lain hayalah tempat untuk saling berselisih paham da saling menghancurkan. Maka dari itu sebelum seseorang masuk dalam suatu ruang lingkup organisasi maka selayaknya tahu dan memahami hal- hal yang bisa menghidupkan dan menghancurkan organisasi disamping seseorang itu harus benar- benar siap mental dan fikiran sebelum menerjungkan dirinya di lingkungan organisasi.

Penulis: Udhy Asbudi
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

- Berkomentarlah yang sopan
- Komentar tidak OOT ( Out Of Topic )
- Jangan Menaruh Livelink atau sejenisnya

Advertiser

Live Chat Cara Terbaru
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Cara Terbaru ya... Terima kasih.